Cara Mencegah Piston Rem Cakram Macet

Depok, Jawa Barat (Indonesia) –  Sebelum membahas tentang cara mencegah piston rem cakram macet, perlu sama-sama kita ketahui bahwa perawatan kendaraan secara berkala  sangatlah penting untuk menjaga  kendaraan agar selalu dalam kondisi yang prima. Kesadaran seperti inilah yang mesti ditanamkan bagi para pemilik kendaraan, karena faktor-faktor kerusakan pada kendaraan dapat terjadi karena ulah si pemiliknya sendiri yang kurang memperhatikan perawatan kendaraan tersebut.

piston rem cakram

Mungkin ini pernah anda alami, dimana saat hendle rem depan ditarik dan ban depan seperti ngelock atau berhenti mendadak. Kalau memang pernah mengalami hal tersebut, itu sudah menjadi tanda ada masalah pada sistem pengereman bagian depan, ” kata seorang montir Motor di daerah Depok”.

Menurut sang montir, permasalahan yang timbul lebih kebagian daleman kaliper. Terutama dibagian pistonnya. Ada yang double piston, juga ada yang single piston, paparnya.

Ganti Kliper? gak perlu sampai segitunya. Cukup bersihkan saja bagian pistonnya, dengan cara seperti ini:

  1. Part didalam kaliper bermasalah, membuat sistem pengereman bekerja gak maksimal dan cendeung membahayakan. Masalah itu ditimbukan dari part yang namanya piston.
  2. Piston tersebut yang menonjok pada kampas rem dan letaknya ada dibalik kampas rem sisi dalam. Untuk melakukan perawatan piston, kampas rem perlu dilepas dahulu dengan melepas baut L yang mengunci kampas rem.
  3. Setelah lepas , baru terlihat piston kaliper dan karat yuang biasanya membuat part tersebut mengalami masalah. Sedikit keluarkan piston tersebut dengan menariknya dengan tang atau memompa hendle rem.
  4. Bersihkan permukaan piston tersebut dari karat, perlu dengan menggunakan sikat kawat untuk melakukan hal tersebut. Setelah karatnya sudah hilang, bersihkan piston yang sudah hilang karatnya tersebut dengan bensin dan rakit kembali part yang ada pada kalipernya.
  5. Setelah membersihkan piston di kaliper jangan lupa cek minyak rem yang ada dalam master rem seperti biasa, minyak rem berkurang karena kegiatan itu

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara mencegah piston rem cakram macet yang perlu sama-sama kita ketahui, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sumber referensi bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung di blog Garasi Otomotif, salam kenal  & sukses selalu.

Baca juga: Setiap 4000 KM Filter Motor Injeksi Wajib di Bersihkan!

You may also like...