Setiap 4000 KM Filter Motor Injeksi Wajib di Bersihkan!

motor injeksi,filter motor injeksi
Bekasi, Jawa Barat (Indonesia)
– Hal sepele bisa menjadi bencana, apakah anda ngeri baca artikel ini? semoga saja tidak, karena saya akan sedikit mengupas tentang motor injeksi dan ada hubungannya dengan kecintaan anda terhadap motor kesayangan. Baiklah, tanpa panjang lebar apakah anda tahu kegunaan dari filter udara untuk motor injeksi. Mungkin ada yang tahu ada juga yang tidak tahu kegunaannya.

Satu hal yang pasti kegunaan dari filter udara motor adalah menyaring udara yang masuk ke bagian karbu untuk motor karbu, bagaimana dengan motor injeksi? kan motor injeksi gak pake karbu? kegunaan dari filter untuk motor Injeksi adalah sama yaitu menyaring udara. Tapi permasalahan yang sering terjadi untuk para pemilik motor injeksi adalah lupa membersihkan saringan udara yang mereka anggap sepele dan menurut sebagian kalangan hal yang tidak begitu penting.

Tapi, membersihkan saringan udara untuk motor injeksi menjadi penting karena motor injeksi lebih rawan kerusakan karena menggunakan sistem yang serba digital, jadi untuk anda sebagai pemilik motor injeksi dan mencinta motor injeksi anda sudah menjadi standar bahwa setiap 4000 km jarak yang anda tempuk diwajibkan untuk membersihkan filter udara motor injeksi anda supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, dan yang paling fatal adalah rusaknya sistem sensor motor injeksi dan kepekaan terhadap bensin yang mensuplai sehingga pembakaran bensin menurun atau tidak sempurna.

Jika diabaikan biasanya dalam tangki banyak endapan, Itu dapat menyumbat filter pompa bensin dan berdampak ke nozel dan injektor. Kalau nozel dan injector sudah dihinggapi kotoran, bukan cuma aliran tersendat, tapi 4 lubang injektor berdiameter 0,153 mm yang bisa saja menjadi  terkikis. Mengakibatkan suplai bensin menjadi deras dan tidak mengabut. Permasalah berikutnya yang akan timbul adalah Trotthle Position Sensor (TPS) di throtle body tertimbun kotoran akibat kualitas bensin atau filter udara menjadi kotor. Akibatnya sensor menjadi sulit memberikan sinyal ke ECM berapa derajat pada katup kupu-kupu, untuk disesuaikan aliran bensin. Langsam motor menjadi tidak bagus.

Kerusakan akan diperparah jika anda menggunakan bensin kualitas rendah (premium) dan kelalaian anda malas membersihkan filter udara. Jadi saran saya selalu gunakan bensin yang sedikit radas mahal (Pertamax) dan selalu membersihkan filter udara motor injeksi anda setiap 4000 km.

Demikianlah penjelasan kenapa filter motor injeksi setiap 4000 KM wajib untuk dibersihkan! Semoga membantu dan menjadikan anda selalu merawat motor agar tetap dalam kondisi terbaik.

You may also like...