Memahami Pentingnya Perawatan Berkala Kendaraan

perawatan berkalaGarasiotomotif – Depok. Jika Anda memiliki kendaraan, hendaknya lakukanlah perawatan berkala walaupun kendaraan tersebut masih baru. Perawatan berkala akan menjaga kondisi kendaraan Anda tetap prima sekaligus menjaga nilai ekonomisnya. Dengan perawatan berkala juga akan menghemat biaya operasional, karena mesin yang terawat dengan baik akan lebih hemat bahan bakar dibanding yang tidak terawat.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kendaraan baru tidak perlu perawatan berkala, toh mesinnya masih baik-baik saja sehingga terus menerus dipakai dan lalai untuk service berkala. Atau mungkin ada juga yang berpikir perawatan berkala hanya menghabiskan uang saja. Tulisan berikut ini menjelaskan tentang beberapa bagian kendaraan yang diperbaharui saat service berkala.


Bagian kendaraan yang perlu perawatan berkala:


    • Engine Oil (Oli Mesin). Oli mesin memiliki berbagai fungsi yang penting bagi pelumasan mesin, seperti: membersihkan dan mendinginkan komponen-komponen mesin, menjaga mesin kendaraan bekerja secara halus dan efisien. Kualitas oli mesin berangsur-angsur akan memburuk karena pemakaian, hal ini disebabkan debu dan partikel metal hasil oksidasi. Jika Anda terus menggunakan oli ini, akan menyebabkan performa mesin yang rendah, overheating, bahan bakar boros atau bahkan dalam kondisi terburuk menyebabkan kerusakan mesin.
    • Engine Oil Filter (Filter Oli Mesin). Oil filter berfungsi untuk menyaring oli mesin dari kotoran akibat pembakaran dan menjaganya tetap bersih. Jika Anda terus menggunakan oil filter yang kotor atau tersumbat, akan menyebabkan oli mesin menjadi terkontaminasi. Oli terkontaminasi akan menyebabkan performa mesin menjadi rendah, overheating, dan bahan bakar boros.
    • Drive Belt. Drive belt meneruskan putaran dari crankshaft ke water pump, cooling fan, alternator, power steering oil pump, dan kompresor AC. Drive belt lama kelamaan akan mengalami aus, retak dan pecah karena gesekan dengan Jika anda terus menggunakan drive belt yang sudah aus/retak/pecah, akan menyebabkan mesin overheating, battery tidak bisa terisi atau power steering dan AC yang tidak bekerja dengan sempurna.
    • Engine Coolant (Cairan Pendingin Mesin). Engine coolatn berguna untuk mendinginkan mesin, menaikkan titik didih air dan mencegah saluran pendingan mesin berkarat. Engine coolant semakin lama akan memburuk karena panas dan mengalami perubahan kimia. Jika engine coolant yang sudah memburuk terus digunakan, akan menimbulkan karat pada saluran pendinginan mesin dan menyebabkan mesin overheating.
    • Fuel Filter (Filter Bahan Bakar). Jika kendaraan anda masih dilengkapi fule filter, fuel filter berfungsi menyaring partikel debu dan air di dalam bahan bakar sehingga tidak masuk ke dalam injector dan mesin. Jika anda terus menggunakan fuel filter yang kotor akan menyebabkan aliran bahan bakar kedalam mesin tidak optimal, mengakibatkan mesin sulit dihidupkan dan akselerasi mesin menjadi lamban.
    • Brake Fluid (Oli Rem). Brake fluid menyalurkan tekanan pada pedal rem ke brake pads/shoes pada saat rem digunakan. Brake fluid lama lama akan memburuk karena uap lembab di dalam udara yang masuk melalui selang rem, dan juga karena oksidasi akibat panas yang dihasilkan oleh gesekan. Sebagai hasilnya brake fluid dapat mendidih. Jika brake fluid yang sudah memburuk terus digunakan di bawah kondisi yang berat dapat menyebabkan fenomena “vapor lock”, yaitu brake fluid mendidih dan tidak dapat menyalurkan tekanan dari pedal rem ke brake pads, artinya tidak dapat melakukan pengereman atau biasa disebut “rem blong”.
    • Filter AC. Udara kotor dari luar kabin dapat masuk ke dalam ruang kabin dengan mudah walaupun pintu dan jendela kendaraan anda tutup. Filter AC dirancang sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda akan dapat menyaring udara kotor tersebut seperti debu, asap, bakteri sehingga ruangan kabin kendaraan anda selalu bersih dan sehat. Lakukankah penggantian filter AC ini setiap service kelipatan 20.000 km.
    • Engine Air Cleaner. Air cleaner berfungsi menangkap debu dan partikel kotor yang terdapat di dalam udara, sehingga tidak masuk ke dalam silinder mesin. Jika air cleaner yang kotor terus digunakan akan menyebabkan aliran udara menjadi terhambat sehingga mengurangi performa mesin dan membuat bahan bakar menjadi boros.
    • Spark Plug (Busi). Spark plug menyalurkan tegangan listrik yang sangat tinggi melalui elektroda untuk menghasilkan bunga api yang akan menyalakan campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin. Elektroda pada spark plug secara berangsur-angsur mengalami pengikisan dan celah elektroda bertambah besar, sehingga sulit untuk membuat percikan bunga api. Jika spark plug yang sudah terkikis masih terus digunakan, maka menyebabkan performa mesin menjadi rendah dan bahan bakar boros.

Itulah beberapa bagian kendaraan yang membutuhkan perawatan berkala. Konsultasikan dengan service advisor dibengkel anda tentang agenda service berkala kendaraan anda. Dan sebaiknya lakukanlah service di bengkel resmi merk mobil anda.

You may also like...