Mengetahui Harga Premi Motor dengan Simulasi Asuransi

simulasi asuransi motor

Image Source : Garasi otomotif

Makna kata Simulasi menurut KBBI adalah “Metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya” bisa juga “Penggambaran suatu proses atau sistem dengan peragaan yaitu berupa model statistik atau juga pemeranan”. Setelah mengetahui makna pasti dari kata tersebut, mungkin sudah tergambar di benak Anda apa yang dimaksud dengan simulasi asuransi motor.

Bagi Anda yang belum menggunakan asuransi motor, dan berencana untuk segera menggunakannya, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengetahui bagaimana harga preminya. Hal ini dikarenakan membayar premi merupakan kewajiban Anda dalam berasuransi, sementara jaminan dan pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi merupakan hak Anda. Karena premi asuransi ini berkaitan langsung dengan biaya yang Anda keluarkan, sudah pasti premi menjadi salah satu pertimbangan penting Anda pula sebelum membeli asuransi dan salah satu cara untuk mengetahui harga premi asuransi untuk motor Anda adalah dengan melakukan simulasi asuransi motor.

Berikut ini adalah cara melakukan simulasi asuransi motor:

Pertama-tama, ketahui betul kondisi motor Anda dan kenali betul segala sesuatu mengenai motor Anda. Hal ini penting karena harga premi asuransi untuk motor Anda tergantung juga dari informasi-informasi mengenai motor Anda itu. Informasi seperti merk motor, tipe motor, bahkan seri motor berguna di sini sebab berbeda tipe, merk, atau seri motor, berbeda pula nilai atau harga motornya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah usia motor dan wilayah motor tersebut dioperasikan. Usia motor dihitung dari tahun motor tersebut dibuat, bukan dari tahun Anda membeli motor dan wilayah motor dioperasikan dilihat dari kode pada nomor plat Anda.

Kenapa usia dan kode nomor plat berpengaruh? Karena kedua hal tersebut mempengaruhi resiko yang mungkin terjadi pada motor Anda. Semakin tua usia motor, maka semakin beresiko motor itu jika dibandingkan dengan motor yang lebih baru. Lalu, wilayah mobil tersebut dioperasikan juga. Jika motor Anda dioperasikan di wilayah yang lebih rentan dengan resiko seperti kecelakaan atau rentan dengan resiko bencana alam (misalnya gempa atau banjir), maka sudah pasti motor tersebut menjadi lebih rentan terkena resiko dibanding motor yang dioperasikan di wilayah yang lebih aman. Dengan kata lain, hukum dalam menentukan harga premi adalah semakin besar resikonya, maka semakin tinggi pula harga preminya.

Setelah mengetahui informasi di atas, mungkin Anda sudah bisa menduga berapa kira-kira premi asuransi untuk motor Anda. Namun untuk yang lebih jelasnya, rumus perhitungan untuk simulasi asuransi motor adalah berikut ini:

Nilai motor x suku premi per tahun (dalam bentuk persen persen)

Nilai motor dalam rumah di atas adalah harga jual motor Anda di pasaran yang berlaku pada saat itu dan suku premi asuransi didapatkan dari ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga :

  1.  Apa Yang Dimaksud Dengan Polis Asuransi Motor
  2. Pentingnya Mengetahui Perhitungan Premi Asuransi Motor