Mesin Nissan Ramah Lingkungan dan Hemat BBM

mesin nissan

Galariotomotif.com – Populasi penduduk dunia berkembang pesat, dari total 6,7 miliar penduduk dunia saat ini diprediksi akan berkembang pesat hingga mencapai angka 9 miliar pada tahun 2050. Pertumbuhan populasi dunia ini tentu kebutuhan akan transportasi, salah satunya mobil, juga akan meningkat. Data statistik menunjukkan bahwa saat ini ada 600 juta kendaraan di seluruh dunia dan diprediksi dapat mencapai 2,5 milyar kendaraan pada 2050.

Prediksi statistik di atas tentu akan mempengaruhi peningkatan kadar polusi di udara. Hal ini mendorong permintaan publik agar produsen mobil memproduksi kendaraan yang bukan hanya irit bahan bakar tetapi juga ramah lingkungan.

Nissan memiliki visi yang jelas terhadap masa depan dunia khususnya kepedulian terhadap polusi. Salah satu bukti paling nyata dan dapat dirasakan langsung adalah hadirnya mesin dan transmisi kendaraan dengan teknologi terdepan di dunia yang dapat mengurangi emisi gas buang.

Sebuah mesin atau transmisi bekerja secara mekanikal, selalu akan ada gesekan dan rotational mass yang akan mempengaruhi efisiensi kinerja perangkat tersebut karenanya Nissan terus melakukan pengembangan baik dari sisi desain mekanikal metalurgi, bahkan sampai kepada metoda-metoda produksi dan machinery yang inovatif.


Dari beberapa mesin dan transmisi yang dipasarkan oleh Nissan, berikut adalah beberapa yang dijual dan digunakan di kendaraan Nissan yang dipasarkan di Indonesia:


1. HR15DE pada Livina Family (Grand Livina dan Livina X-Gear)

  • HR15DE menawarkan atribut-atribut hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan dukungan teknologi “bore circularity machining” seperti: HR12DE ditambah dengan “mirror-like finish”, mesin 4 silinder 1500cc ini menghasilkan gesekan lebih efisien 30% jika dibandingkan dengan mesin sekelasnya.
  • Selain dari proses produksi dan machining di atas, mesin HR15DE juga didesain untuk menjadi mesin dengan thermal efficiency terbaik di kelasnya.
  • Tidak hanya itu saja dengan desain equal length intake manifold membuat mesin ini sangat harmonis dan menghasilkan torsi yang sangat linear pada rpm rendah sampai dengan rpm yang tinggi. Sehingga driving experience akan menjadi sangat mengesankan bagi pengemudi kendaraan bermesin HR15DE ini.
  • Masih banyak fitur-fitur lain pada mesin HR15DE ini yang sangat menunjang efisiensi kinerjanya seperti C-VTC dimana pumping loss dapat dikurangi sehingga meningkatkan efisiensi pembakaran pada ruang bakar mesin. Untuk idling speednya pun didesain lebih rendah sehingga pemakaian bahan bakar menjadi minimal pada saat mesin idling.
  • Kemampuan mesin ini merupakan salah satu kunci sukses Grand Livina di Indonesia. Berkat mesin ini juga Nissan Grand Livina disebut-sebut menjadi yang terefisien sehingga dinobatkan sebagai Best Fuel Consumption versi Auto Bild Award 2007 – 35,4 km per liter untuk konsumsi BBM di jalan tol.

2. HR12DE pada Nissan March

  • Dari banyak atribut yang dimiliki Nissan March, mesin HR12DE ini adalah salah satu faktor penentu yang menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi sangat irit, bahkan terbaik di kelasnya.
  • Diciptakan dengan tujuan utama efisiensi dan ramah lingkungan, mesin HR12DE ini di desain dengan ukuran yang sangat kompak dan ringan. Mesin 3 silinder 1200cc ini memerlukan jauh lebih sedikit komponen dibandingkan mesin 4 silinder yang lebih banyak beredar.
  • Dengan menggunakan teknologi yang sama dengan mesin HR15DE yaitu “bore circularity machining” pada blok silinder mesin HR12DE, gesekan yang terjadi antara piston dan dinding silinder berkurang secara signifikan, ditambah dengan jumlah komponen yang lebih sedikit, membuat HR12DE menjadi sebuah mesin yang sangat ramah lingkungan (low emission) dan efisien. Dengan menggunakan balance weight crankshaft yang di design khusus untuk mengatasi getaran, mesin HR12DE ini dapat mengubah vibrasi vertikal (sumbu-y) menjadi vibrasi oval secara horizontal (sumbu-x,z) yang akhirnya diredam oleh 3 buah engine mount sehingga menjadikan mesin 3 silinder ini memiliki vibrasi selayaknya mesin 4 silinder konvensional lainnya.

You may also like...