Pengertian Tentang Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk

Image Source : AIS

Ketika ingin membeli asuransi untuk mobil, seseorang selalu disodorkan dengan dua pilihan, yaitu asuransi mobil All Risk atau asuransi mobil Total Loss Only. Sebelum memilih, seseorang pastinya harus mengetahui apa yang dimaksud dengan kedua jenis asuransi tersebut. Oleh karena itu, akan dibahas di dalam artikel ini pengertian dan segala penjelasan mengenai asuransi mobil All Risk, dan sedikit perjelasan mengenai asuransi mobil Total Loss Only juga yang biasa disebut dengan TLO.

Pertanggungan Asuransi Mobil All Risk Adalah :

Asuransi mobil All Risk, sesuai dengan namanya, adalah asuransi yang memberikan pertanggungan untuk “segala resiko”. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jika tidak benar-benar semua resiko bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Ada beberapa kondisi yang tidak bisa mendapatkan pertanggungan dari perusahaan asuransi. Ketentuan seperti ini adalah apa yang berlaku di perusahaan-perusahaan asuransi pada umumnya.

Resiko yang tidak termasuk ke dalam pertanggungan asuransi ini pada dasarnya merupakan resiko yang disebabkan oleh diri sendiri (Own Risk). Misal: mobil mengalami kecelakaan lalu lintas akibat melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, mengemudi di atas kecepatan, mengemudi dalam keadaan mabuk, dan sebagainya. Resiko seperti itu tidak akan mendapatkan pertanggungan dari perusahaan asuransi guna menghindari penyalahgunaan asuransi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, ada juga yang namanya perluasan jaminan asuransi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan perlindungan tambahan seperti perlindungan dari resiko bencana alam, huru-hara, sabotase, terorisme, dan lain-lain.

Asuransi mobil All Risk adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil Anda, jadi tidak heran jika rate harganya menjadi agak lebih tinggi dibanding jenis asuransi yang satunya yaitu asuransi mobil TLO. TLO rate harganya lebih rendah dari All Risk karena cakupan jaminan perlindungannya tidak seluas All Risk.

Jenis asuransi TLO adalah asuransi yang hanya akan memberikan pertanggungan untuk yang rusaknya total saja, atau lebih tepatnya untuk mobil yang memiliki tingkat kerusakan di atas 75 % yang dengan kata lain yaitu ketika mobil sudah sama sekali tidak bisa dipakai lagi. Selain resiko atas kerusakan yang parah, resiko atas mobil yang hilang juga termasuk ke dalam pernjaminan asurnasi TLO.

Dalam penggunaannya sendiri, asuransi TLO biasanya dipilih oleh mereka yang ingin memberikan perlindungan untuk mobil yang usianya lebih tua atau mobil bekas karena faktor harga yang menjadi lebih murah. Dan asuransi All Risk sendiri kebanyakan dipilih oleh mereka yang ingin memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil pribadi yang rentan resiko finansialnya jika rusak sedikit saja. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika mobil Anda lebih cocok dengan All Risk atau lebih cocok dengan TLO. Kedua jenis asuransi untuk mobil tersebut sama-sama berguna dan mempunyai perlindungan terbaik untuk mobil Anda jika Anda bisa dengan jeli memilih perusahaan asuransi yang baik juga.

Baca Juga :

  1. Manfaat Dari Asuransi Mobil Comperhensive
  2. Perbedaan Asuransi Mobil TLO & All Risk

You may also like...