Penjelasan Lengkap tentang Asuransi untuk Motor

Asuransi Mobil

Image Source : asuransi kami

Jika Anda ingin menggunakan asuransi, penting bagi Anda untuk mengetahui setidaknya pengetahuan-pengetahuan dasar mengenasi asuransi agar kegiatan asuransi Anda bisa berjalan dengan lancar, namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui atau membaca seluk-beluk mengenai asuransi untuk menambah pengetahuan Anda, seperti dengan membaca artikel ini. Di artikel ini akan ditulis penjelasan lengkap mengenai asuransi, tepatnya asuransi motor, secara ringkas.

Pertama-tama adalah mengenai asuransi itu sendiri. Asuransi adalah pertanggungan yang bisa diberikan atas segala resiko yang bisa terjadi pada apa yang dipertanggungkan pada asuransi ini, seperti motor. Jadi, jika misalnya terjadi suatu resiko pada motor Anda nanti, misalnya rusak karena kecelakaan atau hilang akibat pencurian atau apa pun itu akibat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, pihak asuransi akan memberikan pertanggungan padanya.

Pertanggungan yang diberikan banyak macamnya. Bisa dalam bentuk pertanggungan atas biaya perbaikan motor Anda yang rusak, bisa juga dalam bentuk uang pergantian jika motor Anda sudah sama sekali tidak bisa diperbaiki (rusak total), atau bahkan biaya pengobatan jika terjadi cedera pada si pengendara motor yang menjadi pertanggungan asuransi.

Nah, untuk mendapatkan pertanggungan asuransi pada motor Anda itu, Anda harus membayarkan premi asuransi motor. Premi adalah biaya yang harus Anda bayarkan secara rutin (setiap bulan atau setiap tahunnya, tergantung pilihan Anda). Premi asuransi ini pada dasarnya ditentukan oleh kondisi motor Anda sendiri, besarnya resiko (semakin motor itu rentan dengan resiko, maka semakin tinggi tingkat harga preminya), dan jenis jaminan yang Anda ambil.

2 Jenis jaminan asuransi motor TLO dan All Risk

Ada dua jenis jaminan asuransi untuk motor yang bisa Anda pilih yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Sesuai dengan namanya, TLO hanya akan memberikan pertanggungan untuk resiko yang total dan All Risk yang memberikan pertanggungan pada segala jenis resiko (asal masih termasuk pada ketentuan asuransi). Perbedaan cakupan jaminan perlindungan ini juga berpengaruh pada perbedaan harganya.

Anda bisa memilih jaminan perlindungan seperti apa yang Anda inginkan, dan semua itu akan tertulis pada polis asuransi motor Anda. Polis asuransi bisa dibilang merupakan kontrak atau kesepakatan tertulis antara Anda dengan pihak asuransi. Segala macam informasi mengenai asuransi yang Anda gunakan itu berserta kesepakatan-kesepakatan apa saja dalam asuransi itu akan tertulis dalam polis asuransi. Pastikan Anda membaca baik-baik polis asuransi itu pada awal Anda membeli asuransi.

Selain itu, ada simulasi asuransi motor yang bisa Anda lakukan untuk mengecek harga asuransi yang diberikan oleh pihak asuransi, apakah sudah cocok dengan jaminan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Anda bisa mengecek apakah kondisi motor Anda sesuai dengan harga premi yang diberikan (resiko yang semakin besar harga preminya akan semakin tinggi).

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan mengenai asuransi untuk motor. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

  1. Mengetahui Harga Premi Motor Dengan Simulasi Asuransi
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Polis Asuransi Motor?
  3. Pentingnya Mengetahui Perhitungan Premi Asuransi Motor