Pentingnya Mengetahui Perhitungan Premi Asuransi Motor

Premi asuransi motor

Image Source : Garasi Otomotif

Premi asuransi motor adalah apa yang menjadi pertanggungjawaban seseorang ketika menggunakan asuransi pada motornya. Ya, untuk mendapatkan pertanggungan asuransi, ada biaya premi yang harus Anda bayarkan secara rutin, rutin setiap tahun atau setiap bulannya. Karena premi ini berkaitan langsung dengan biaya yang harus dikeluarkan, maka penting bagi Anda untuk mengetahui harga dan perhitungan asuransinya terlebih dahulu sebelum membeli. Tapi, bagaimana caranya mengetahui premi asuransi?

Sebenarnya, harga premi asuransi akan langsung diberitahu oleh perusahaan asuransi bahkan sebelum Anda membeli asuransinya (dilihat melalui list harganya). Akan tetapi, Anda pasti belum tahu bagaimana bisa dipatok atau ditentukan harga seperti itu. Jadi, penting juga bagi Anda untuk mengetahui sendiri bagaimana cara kerja perhitungan premi asuransi motor agar Anda bisa menentukan apakah harga itu cocok dengan jaminan yang diberikan atau tidak.

Berikut ini adalah cara kerja perhitungan premi asuransi motor:

Rumusnya merupakan perkalian antara nilai atau harga motor dengan suku premi dalam bentuk persen selama setahun. Nilai atau harga motor di sini tepatnya merupakan harga jual motor yang berlaku di pasaran pada saat Anda mendaftar asuransi, bukannya harga pada saat Anda membeli motor itu. Dan suku premi merupakan persenan yang sudah ditentukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), salah satu lembaga resmi miliki pemerintah yang bertugas mengatur jalannya segala sektor keuangan pada usaha atau bisnis di Indonesia, yang salah satunya adalah asuransi.

Persenan OJK ini sebenarnya juga berpengaruh dengan besarnya resiko pada setiap motor yaitu semakin tinggi nilai motor, semakin tinggi pula resiko kehilangannya, maka semakin tinggi pula persenan preminya. Atau, apabila motor itu berada pada wilayah yang semakin rentan dengan bahaya, maka semakin tinggi pula tingkat persenan preminya. Hukum tersebut juga berlaku pada penetapan harga oleh perusahaan asuransi, misalnya usia motor. Karena semakin tua usia motor, semakin motor itu menjadi rentan, maka harga premi asuransi motornya juga semakin tinggi.

Jadi, sebelum Anda memutuskan apakah harga premi yang ditawarkan untuk motor Anda sudah sesuai atau belum, Anda harus mengetahui atau memahami terlebih dahulu kondisi motor Anda di mata perusahaan asuransi. Bagaimanakah tingkat resiko yang mungkin terjadi pada motor Anda, apakah cukup besar atau tidak. Jika ya, jangan heran jika harga premi motor Anda lebih tinggi dibanding motor lain yang resikonya rendah.

Ketentuan tersebut ditetapkan karena, pada dasarnya, harga premi juga disesuaikan dengan jaminan atau pertanggungan yang akan diberikan oleh pihak perusahaan asuransi. Jika resikonya besar, sudah pasti jaminannya juga besar, dan jika jaminannya besar, harganya juga sudah pasti harus disesuaikan.

Demikianlah penjelasan mengenai premi asuransi untuk motor. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga :

  1. Mengetahui Harga Premi Motor Dengan Simulasi Asuransi
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Polis Asuransi Motor