Perbedaan Asuransi Mobil TLO & All Risk

Asuransi Mobil TLO

Image Source : Insurance All Risk & TLO

Asuransi untuk mobil sesungguhnya memiliki dua jenis yaitu asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk. Perbedaan kedua jenis asuransi tersebut terletak pada cakupan pertanggungan asuransinya. Ketika asuransi All Risk memberikan pertanggungan untuk mobil dengan segala resiko (dengan ketentuan-ketentuan tertentu), asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan untuk resiko yang tingkat kerusakannya lebih dari 75 % saja atau hanya ketika mobil itu hilang.

Dari penjelasan di atas, bisa dilihat jika asuransi All Risk memiliki cakupan jaminan yang lebih luas dibanding TLO, maka tidak heran jika harganya menjadi agak lebih dibanding TLO. TLO sendiri berasal dari kepanjangan Total Loss Only, nama tersebut memang cocok dengan penjaminan mobil yang diberikannya. Meskipun demikian, tidak ada yang namanya “asuransi yang lebih unggul”, karena kedua asuransi tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, seperti yang akan saya bahas di bawah ini:

Keunggulan asuransi mobil all risk dan TLO (Total Lost Only):

– Keunggulan asuransi mobil All Risk
Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, keunggulannya adalah memiliki cakupan jaminan yang lebih luas dibanding asuransi mobil TLO. Cakupan jaminan yang lebih luas ini sudah jelas merupakan keunggulan yang paling menarik minat calon pembeli. Resiko apapun itu, meskipun hanya resiko remeh temeh seperti spion patah atau badan mobil yang baret.

– Keunggulan asuransi mobil TLO
Keungguluan TLO sudah pasti terletak pada harganya yang lebih murah. Harga murah yang sudah bisa memberikan perlindungan untuk mobil dari resiko terburuk yang mungkin terjadi. Meskipun tidak bisa memberikan pertanggungan untuk resiko yang remeh temeh, Anda bisa selamat dari resiko yang menyebabkan kerugian yang parah dengan asuransi ini dan mengcover resiko yang kecil sendiri.

Selain kedua jenis asuransi tersebut, sebenarnya ada juga yang namanya aauransi mobil Comprehensive. Asuransi ini merupakan penggabungan dari asuransi All Risk berserta jaminan perluasan. Jadi, dalam asuransi, ada juga yang namanya jaminan perluasan yang merupakan perluasan jaminan dari jaminan-jaminan apa saja yang sudah diberikan. Ketika Anda menggunakan asuransi All Risk ditambah jaminan perluasan, namanya menjadi asuransi Comprehensive. Namun, tidak hanya All Risk yang yang bisa menggunakan jaminan perluasan, asuransi TLO juga bisa menggunakan jaminan perluasan. Jaminan-jaminan perluasan yang dimaksud yaitu seperti jaminan untuk resiko banjir (bencana alam) dan resiko huru-hara, terorisme, sabotase, dan semacamnya.

All Risk lebih cocok digunakan untuk mobil yang sangat rentan mengalami resiko (sekecil apa pun itu) yang bisa menyebabkan kerugian, sedangkan TLO lebih cocok digunakan oleh mobil yang sudah tua karena harganya. Tapi, asuransi jenis apa pun itu yang Anda pilih, tetaplah keuntungan yang akan Anda dapat. Dibanding jika Anda tidak menggunakan asuransi sama sekali, tanpa adanya perlindungan yang bisa menantisipasi kerugian Anda.

Baca Juga :

  1. Pengertian Tentang Asuransi Mobil All Risk
  2. Manfaat Dari Asuransi Mobil Comperhensive

You may also like...