Teknologi Moto GP di Adopsi Yamaha YZF-R25

motor r25Motor Yamaha YZF-R25 tak hanya dibekali tampang yang keren, namun dibekali juga dengan teknologi terbaru untuk menaikan performa sekaligus Value For Money. Lalu apasaja teknologi motogp yang di adopsi oleh Yamaha R25 ini?


Berikut Teknologi Moto GP yang diadopsi Yamaha R25:


1. Intake Manifold

Sisi ini menggunakan tipe downdraft atau sudut vertikal tajam kebawah, sehingga aliran campuran pada bensin dan juga udara lebih deras. Kemudian menggunakan throttle body 32mm, panduannya injektor 12 hole untuk tiap silinder.

2. Klep

Katup pakai sistem directcamshaft, sistem kem langsung menonjok klep yang dibantali tepat dan sim mirip ninja 250 Fi atau suzuki satria f 150. Perpaduannya valve angle in 12,75 derajat sedang X 13, 5 derajat. Untuk menjaga gerakan kem, kenteng ditekan oleh half nut tensionner.

3. Combustion Cahamber

Pada ruang bakar, piston aplikasi tipe forget dibantu DiaSill Cylinder. Kemudian Low Tesion Piston Ring, Ring dengan gesekan rendah kemudian untuk mengurangi gesekan menggunakan Offset Silinder Geser 7mm kedepan.

4. Crankshaft 180 derajat

Kruk as atau Crankshaft yang diadopsi Motor Yamaha YZF-R25 punya beda posisi 180 derajat, artinya piston berada di TMA dan TMB, secara gantian. Kruk as ini menghasilkan High Power, tetapi minim Pumping Lose, Output akan menjadi maksimal. Kemudian punya karakter Sporty vibration, ada getaran tetapi cukup wajar seiring dengan naiknya putaran mesin terakhir pada kruk as ini dibekali satu shaft balance, balance dengan 1 poros sehingga ringan dan kompak.

5. Crankcase Upper Lower

Sangat berbeda dengan motor sekelas yang bila crankcase dibelah terdiri dari bagian kanan dan kiri, Motor Yamaha YZF R25 menjadi diatas dan bawah.

6. Deep Bottom Oil Pan

Teknologi ini dari Moto GP, berupa penepatan pompa oil pada posisi paling Rendah, sehingga saat akselerasi maupun deselerasi oli tetap terhisap maksimal Mencegah adanya Air Bubble yang akan mengakibatkan pelumasan menjadi berkurang “.

7. ECU 46 Pin

Jika Biasanya Sistem Injeksi memakai ECU 33 Pin, di motor yamaha R25 jauh lebih banyak, yaitu 46 Pin dikarenakan adanya tambahan sensor yaitu Oil Pressure Switch.

8. Electode Position Coating

Teknologi ini berkaitan dengan pengecatan pada rangka, dengan menggunakan teknologi seperti ini walaupun terpapar salju sekali pun seperti halnya berada di eropa akan tetapi keadaan cat tetap aman.

9. Progressive Shape Pulley

Pulley di throttle body sengaja dibuat berbentuk oval sehingga output power lebih smooth, karena bukaan katup tidak bersamaan dengan bukaan gas. Kalau mau agressive pulley tinggal dimodifikasi jadi Bulat.

 

Artikel terkait:

You may also like...